PrimaHRD – Cara terbaik untuk mengelola penggajian karyawan dapat anda lakukan dengan beberapa metode. Gaji merupakan salah satu hak terpenting bagi karyawan yang pemenuhannya harus anda perhatikan dengan baik.

Gaji yang merupakan sebuah hak ini tentunya diatur, ditetapkan dan dibayar sesuai dengan perjanjian kerja, kesepakatan dan juga peraturan dalam undang-undang.

Berikut Cara Terbaik untuk Mengelola Penggajian Karyawan

Tentukan Tanggal Penggajian

Dengan menentukan tanggal penggajian, Anda bisa menyusun rencana untuk melakukan persiapan. Mulai tentukan waktu kapan Anda memberikan gaji kepada karyawan.

Biasanya, perusahaan melakukannya setiap sebulan sekali, entah pada awal atau akhir bulan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin melakukannya setiap dua minggu sekali.

Bagaimanapun keputusan anda, pastikan Anda mengomunikasikannya kepada seluruh karyawan dan mematuhi deadline yang telah ditentukan. Sebaiknya Anda memilih waktu penggajian yang sesuai dengan siklus pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

Sistem Khusus Penggajian

Idealnya, gaji di perusahaan dihitung berdasarkan struktur organisasi yang berlaku. Anda bisa memberikan gaji per bulan, berdasarkan tugas yang berhasil diselesaikan, menambahkan bonus, dan sebagainya.

Anda dianjurkan untuk menerapkan sistem khusus yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan penghitungan tersebut. Jika Anda tetap melakukan penghitungan gaji setiap karyawan secara manual, hal tersebut hanya akan membuat Anda pusing dan tentu saja membuang waktu.

Investasi Menggunakan Aplikasi Prima HRD

Menggunakan aplikasi Prima HRD, yang mampu melakukan otomatisasi proses penggajian secara mudah dan praktis. Bahkan, tak hanya penggajian, PrimaHRD juga mampu membantu Anda dalam melakukan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan HR, seperti input data absensi, pengelolaan cuti, penghitungan pajak, hingga kontrak karyawan.

Kabar baiknya lagi, anda bisa segera menghitung payroll hanya dalam waktu dua menit. Saat absensi masuk maka Anda bisa langsung mengirimkan slip gaji kepada karyawan.

Siapkan Rencana Cadangan Finansial

Lebih dari sekadar hak karyawan, ingatlah bahwa gaji juga dapat menjadi bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan.

Karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus memastikan bahwa finansial perusahaan selalu berada dalam kondisi yang cukup bagus untuk memberikan gaji pada karyawan setiap bulan.

Tepat waktu lah dalam mengirim invoice ke klien dan segera kejar klien yang telat melakukan pembayaran. Jangan sampai arus kas perusahaan terganggu dan membuat proses penggajian Anda berjalan tidak lancar.

Jika Anda tidak menggaji karyawan atau melakukannya setelah deadline yang disepakati, bisnis Anda bisa berada dalam masalah.

Untuk itulah, anda harus menggunakan aplikasi PrimaHRD untuk membantu anda dalam penggajian karyawan.

WhatsApp us