Perhitungan gaji lebih efisien | Masih banyak perusahaan yang belum menggunakan sistem dalam mempermudah proses-proses yang berjalan di dalam perusahaan. Salah satunya adalah sistem penggajian. Penggajian yang masih dilakukan secara manual sangatlah tidak efisien. Sistem yang sering digunakan dalam sistem penggajian adalah sistem payroll.

Payroll

Sistem payroll adalah sistem administrasi dalam melakukan penggajian karyawan di dalam suatu perusahaan. Proses penggajian akan sangat terbantu dengan sistem payroll ini. Sistem akan meringankan pekerjaan HRD dalam melakukan rutinitas setiap bulan dalam melakukan perhitungan gaji karyawan. Perhitungan gaji secara manual telah memakan waktu yang cukup banyak bahkan memerlukan waktu berhari-hari. Dengan adanya sistem payroll, Setiap perhitungan gaji karyawan akan menjadi sangat praktis.

Berikut detail informasi sistem Payroll

Sistem payroll membantu para HRD dalam mengetahui setiap performa karyawan dalam jangka waktu satu bulan. Sistem ini biasanya juga berkolaborasi dengan sistem absensi online. Dengan kolaborasi dari kedua sistem itu, telah menghasilkan kombinasi yang sangat luar biasa. Dimana setiap hal yang berhubungan dengan karyawan dapat diselesaikan dalam satu sistem payroll ini. Dari sistem absensi online, hingga proses permintaan cuti atau izin dapat diproses dalam sistem Payroll.

Staff HRD yang diperlukan juga menjadi lebih sedikit. Sehingga akan mengurangi pengeluaran dari perusahaan. Kata “hemat” dan “efisien” sangat cocok dalam melambangkan sistem payroll ini.

Contoh Kasus

Gaji Karyawan Tetap dan Tidak Tetap

Perhitungan gaji karyawan Tetap dan tidak Tetap telah diatur didalam Peraturan Dirjen Pajak Nomor 31/PJ/2009. Dimana karyawan tetap adalah penagwai tetap dan menerima penghasilan dalam jumlah tertentu secara terus menerus. Dan karyawan tidak tetap adalah pengawai yang menerima pendapatan sesuai dengan jumlah hari bekerja dan jumlah unit hasil pekerjaan.

Perbedaan tidak dapat terlihat dari jumlah nominal pendapat yang diperoleh. Proses perhitungan antara karyawan tetap dan tidak tetap juga berbeda. Perhitungan gaji karyawan berdasarkan masa kerja, jabatan, dan jenis karyawan itu sendiri baik harian ataupun bulanan.

Dengan aplikasi Payroll PRIMAHRD, setiap kerumitan seperti contoh diatas dapat terselesaikan dengan sangat mudah. Payroll PRIMAHRD telah menggabungkan beberapa sistem yang berhubungan dengan karyawan dalam satu sistem. Tidak diperlukan lagi menggunakan beberapa sistem terpisah hanya untuk menyelesaikan satu permasalahan. Perhitungan gaji menjadi lebih efisien dengan sistem payroll PRIMAHRD.

WhatsApp us