Resiko Tanpa Menggunakan Sistem Aplikasi Payroll | Pemberian gaji karyawan dapat menggunakan beberapa model. Seperti pemberian gaji dalam satu bulan dilakukan sekali ataupun dua kali. Model memang sangat beragam, namun perhitungan gaji dengan metode tersebut tetap saja memiliki kekeliruan. Hal ini dikarenakan adanya kombinasi perbedaan gaji yang berhubungan langsung cuti, lembur dan ijin.

Berikut Resiko Tanpa Menggunakan Sistem Aplikasi Payroll

Adanya kekeliruan gaji

Kelebihan dan kekurangan gaji menjadi salah satu kendala yang terjadi. Apabila terjadi kekurangan gaji akan lebih mudah, dikarenakan gaji yang kekurangan akan diberikan kepada karyawan yang bersangkutan pada bulan depan. Namun tentunya akan muncul kesan yang buruk di antara karyawan yang bersangkutan. Hal ini dapat juga berdampak kepada kinerja karyawan menurun dan akan menyebabkan kerugian kepada perusahaan.

Kelebihan gaji juga dapat merugikan perusahaan. Kelebihan gaji yang diterima karyawan akan sulit untuk diperoleh kembali. Pasalnya ada ketentuan yang menyebutkan bahwa kelebihan gaji yang diperoleh telah menjadi hak dari karyawan yang bersangkutan.

Keterlambatan pemberian gaji

Perhitungan gaji dari setiap karyawan harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Sehingga gaji dapat menjadi terlambat diperoleh karyawan. Hal ini menunjukkan ketidakprofesionalan dari sebuah perusahaan. Kepercayaan dari karyawan kepada perusahaan juga akan menurun.  

Lembur Kerja

Dalam melakukan lembur tidak semua atasan mengetahuinya. Melakukan lembur tanpa diketahui atasan akan merugikan para karyawan. Dampaknya para karyawan yang melakukan lembur akan memperoleh gaji yang sama dengan karyawan yang tidak melakukan lembur. Hal ini akan sangat tidak adil bagi karyawan yang bersangkutan.

Dengan aplikasi payroll, hal ini akan dapat dengan mudah dihindari. Setiap hal yang dilakukan karyawan akan tercatat di dalam sistem secara online. Tanpa pengetahuan atasan juga tidak masalah lagi. Setiap kegiatan yang dilakukan di oleh karyawan akan tersimpan di dalam sistem payroll. Sehingga tidak akan ada lagi ketidakadilan dalam perusahaan.

Model Perhitungan Salah

SpreadSheet merupakan metode penggajian yang paling umum digunakan. Namun, malah metode ini yang memiliki resiko kekeliruan yang tinggi. Dengan alasan itu sistem payroll tidak akan digabungkan dengan metode ini. Masalah gaji karyawan memang yang paling baik adalah menggunakan sistem slip gaji.

Pengarpisan Pajak

Perhitungan pajak dari gaji karyawan menjadi hal yang cukup rumit untuk dilakukan. Namun hal ini tidak dapat dihindari. Tagihan pajak akan menguras kas perusahaan sangat besar. Keterlambatan dalam pembayaran pajak penggajian sangat disarankan untuk dihindari. Direktorat Jenderal Pajak akan memberikan denda yang cukup besar atas keterlambatannya.

WhatsApp us