Sistem Payroll | Proses penggajian yang berlaku di perusahaan tidaklah mudah seperti yang terlihat. Banyak proses yang harus dilalui seperti melalui bagian HR dan bagian Finance. Penggajian tidak hanya sebatas menghitung kehadiran karyawan dan membayar upah saja. Bahkan banyak regulasi pemerintah yang harus ditaati oleh perusahaan.

Dengan kerumitan yang seperti itu, masih banyak perusahaan yang menggunakan perhitungan manual menggunakan Microsoft Excel. Perhitungan secara manual akan meningkatkan tingkat resiko kesalahan yang tidak dapat dihindari. Melakukan input data ke dalam excel juga memakan waktu yang sangat lama. Bahkan bisa saja memerlukan bantuan tambahan hanya untuk melakukan perhitungan penggajian.

Sistem Manual sangatlah tidak efektif dalam berbagai aspek. Dengan ketidakefetifannya, sistem payroll dihadirkan sebagai sistem penggajian yang memiliki fitur-fitur pendukung yang powerful.

Berikut fitur-fitur yang telah terintegrasi dalam payroll:

PPh 21

Menghitung pajak penghasilan (PPh 21) merupakan bagian yang penting dan cukup rumit. Selain harus teliti, Anda juga wajib mengetahui peraturan perpajakan yang berlaku sebagai dasar perhitungan, seperti ketentuan PPh pegawai tetap dan tidak tetap, Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), dan biaya jabatan.

BPJS

Setiap perusahaan wajib mengikutkan seluruh karyawannya menjadi peserta program jaminan sosial ekonomi dan kesehatan yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Perhitungan iurannya masuk dalam slip gaji.

Lembur

Uang lembur merupakan salah satu komponen penambah penghasilan karyawan yang masuk dalam perhitungan gaji. Cara menghitungnya yang cukup rumit, yakni berdasar jam kerja dan upah per jam, akan lebih mudah dikerjakan dengan aplikasi payroll.

THR

Menghitung Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan merupakan pekerjaan penggajian yang ketentuannya ditetapkan oleh pemerintah. Menghitung THR dengan aplikasi lebih mudah dan cepat daripada secara manual.

Absensi

Menghitung kehadiran dan jam kerja secara otomatis dan akurat sangat penting dalam penggajian. Karena ini terkait dengan perhitungan tunjangan tidak tetap yang didasarkan pada absensi dan upah lembur, seperti uang makan dan transport.

Berbasis online

Platform operasi payroll software sangat menentukan cara HR menangani pekerjaan administrasi penggajian. Aplikasi HRIS online lebih efisien dan efektif karena sistemnya menawarkan kecepatan, akurasi, kemudahan akses, dan biaya yang kecil.

PRIMAHRD

Semua fitur di atas telah terintegrasi dengan baik di dalam sistem payroll PRIMAHRD, sebuah Sistem payroll online berbasis komputasi awan. PRIMAHRD menyediakan self-service, dimana para karyawan sendirilah yang harus mengisi setiap keperluan yang diperlukan. Dari melakukan absensi secara mandiri dan melaporkan lembur ke dalam sistem. Tentu setiap pelaporan akan diproses oleh atasan dan menunggu persetujuan dari atasan.  

Sistem absensi online yang sangat sulit untuk dikelabuhi. PRIMAHRD menggunakan fitur scan wajah yang cukup akurat dan melakukan pengecekan lokasi. Tidak dapat melakukan absensi online pada lokasi yang tidak diketahui. Sungguh sistem aplikasi yang sangat powerful dalam mempermudah sistem dalam sebuah perusahaan.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi halaman website resmi PRIMAHRD atau hubungi INI.

WhatsApp us