Perbedaan UMK dan Gaji Pokok | Di Indonesia adanya upah minimum yang setiap daerah itu berbeda-beda. Upah Minimum Provinsi (UMP) harus dievaluasi dan direvisi oleh gubernur. Penetepan Upah Minimum Kota dihitung berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak.

UMK didefinisikan jelas dalam Peraturan Menakertrans Nomor 7/2013 yang berisi:

  • Upah Minimum adalah upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman.
  • Upah Minimum Provinsi adalah Upah Minimum yang berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di satu provinsi.
  • Upah Minimum Kabupaten/Kota adalah Upah Minimum yang berlaku di wilayah kabupaten/kota.

UMK merupakan upah bulanan terendah atas upah pokok di suatu kota yang ditetapkan oleh gubernur. UMK telah termasuk upah pokok dan tunjangan tetap.

Para pemilik UMKM harus memperoleh informasi detail tentang UMK di daerahnya. Perubahan UMK akan selalu berubah setiap tahunnya. Namun hal yang berubah hanya akan mengubah sedikit kebijakan perusahaan di bagian HRD. Tidak akan adanya perubahan perhitungan gaji karyawan.

Saat ini juga tidak perlu risau lagi dengan perhitungan gaji para karyawan. Telah hadir sistem payroll yang akan mengatasi semua kerisauan dalam proses perhitungan gaji. Dari proses absensi hingga perhitungan BPJS yang sangat memakan waktu dalam prosesnya.

Dengan menggunakan Sistem Payroll PRIMAHRD, tugas bulanan para HRD akan teratasi dengan sangat mudah. Dari sistem absensi yang akan diberlakukan secara online dengan menggunakan scan wajah. Keamanan yang diberikan sangat tinggi dan susah untuk dimanipulasi. Hingga perhitungan gaji karyawan yang diproses hanya dalam hitungan detik. Sungguh sistem payroll yang sangat luar biasa.

Untuk informasi lebih lanjut, langsung kunjungi website RESMI PRIMAHRD atau hubungi KAMI

WhatsApp us